English

Artikel

Manggis

Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan buah asli nusantara. Buah ini juga dikenal sebagai “Ratu Buah”, sering disandingkan dengan durian si “Raja Buah”.

Musim berbuah untuk manggis di Mekarsari umumnya berbarengan dengan panen si Raja Buah, Durian, yaitu pada Desember – Februari. Kebun manggis dapat ditemukan di areal kebun Blok C.

Bibit Manggis Kaki Ganda

Tanaman manggis memiliki satu kelemahan dalam proses budidayanya, yaitu waktu pertumbuhan tanaman yang sangat lambat. Tanaman diperbanyak melalui benih dan akan mulai berbuah pada umur 3 - 8 tahun.

Perkembangan teknologi budidaya tanaman telah menemukan satu cara untuk memotong umur berbunga tanaman manggis, yaitu dengan menggunakan teknologi bibit manggis kaki ganda. Teknologi ini berprinsip untuk menggabungkan dua bibit manggis menjadi satu tanaman melalui proses penempelan, sehingga hasilnya adalan bibit manggis yang memiliki akar lebih banyak. Dengan jumlah akar yang lebih banyak, maka penyerapan unsur hara akan meningkat sehingga pertumbuhan bibit menjadi lebih cepat. Tanaman manggis yang berasal dari bibit hasil teknologi kaki ganda dapat mulai berbuah pada umur 3 – 4 tahun setelah tanam dan fisik tanaman pun berbeda, tanaman akan tumbuh kerdil. (sumbe r: Mekarsari)
 
Kulit Manggis Sebagai Antioksidan
Selain buah, kulit buah manggis juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan. Kulit buah mengandung senyawa xanthone yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A,mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfa mangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin. Senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan. Di luar negeri kulit buah manggis sudah dibuat kapsul yang digunakan untuk suplemen diet, antioksidan, dan antikanker.
 

34 Fakta Kulit Buah Manggis

Berikut beberapa Fakta khasiat kulit manggis :
  1. Anti-fatigue (energy booster/memberi tenaga)
  2. Anti peradangan
  3. Analgesic (mencegah sakit urat saraf)
  4. Anti-maag
  5. Anti-depressant
  6. Anxyolytic (anti-anxiety effect/mencegah kegelisahan, panik & cemas)
  7. Anti-Alzheimerian (mencegah penyegah Alzheimeria)
  8. Anti-tumor dan mencegah kanker.
  9. Immunomodulator (meningkatkan sistem kekebalan tubuh)
  10. Anti-aging (Anti penuaan)

(sumber : http://www.xamthoneonline.com/index.php?option=com_content&view=article&id=54&Itemid=59)

Twitter Feed