^Back To Top
foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Nangka Telanjang

Nangka telanjang (Artocarpus heterophyllus) merupakan nangka unik yang berasal dari Rawa Bogel, Bekasi, Jawa Barat. Tanaman ini merupakan hasil mutasi gen secara alami. Pertumbuhan tanamannya cepat seperti nangka pada umumnya dengan tinggi tanaman 8 – 10 m.

Tanamannya mampu beradapatasi dengan baik pada ketinggian 0 – 800 m dpl. Buah nangka ini pada awalnya tumbuh normal seperti nangka pada umumnya.

Pada umur 2 bulan mulailah kulit merekah dan muncul bentuk menyerupai buah pisang yang makin lama makin besar dan banyak, Bentuknya tidak beraturan.

Tak heran diberbagai tempat nangka ini populer dengan sebutan nangka berbuah pisang. Daging buah yang sudah masak dapat dimakan langsung, caranya hanya dengan mencabut daging buah tanpa perlu mengupas kulitnya. Rasa daging buah manis sedang dengan tekstur daging buah renyah.

Perbanykan tanaman dengan cara semai biji, cangkok, dan sambung susu. Tanaman asal biji mulai berbuah umur 6 – 7 tahun. Sedangkan bibit cangkok dan sambung susu mulai berbuah umur 3 – 4 tahun.

Di Mekarsari tanaman nangka telanjang dapat dijumpai di areal lab. Biosari, garden Center, Kebun buah blok A, dan blok B.
Ketersediaan bibit : stok tersedia.